Upload & Download ISO ke Proxmox

Assalamualaikum wr wb

Haloo kawan semua apa kabar? Semoga baik-baik saja ya. Kali ini saya akan membahas lagi tentang Proxmox. Setelah sebelumnya saya pernah memposting Installasi Proxmox VE, kali ini saya akan memposting bagaimana cara upload & download ISO ke Datastore Proxmox. Mari simak postingan berikut.

Penjelasan singkat

Upload dan Download ISO ke datastore Proxmox ini sangat berguna dan membuat lebih efisien. Mengapa? Karena kita tidak perlu lagi memasukkan CD/DVD instaler ke server untuk melakukan instalasi virtual machine. Kita hanya perlu mengarahkannya ke datastore.

Bahan

-Server yang sudah terinstall proxmox, bisa dilihat disini
-Koneksi internet
-Iso yang ingin di upload


Langkah


Upload ISO via Web

Akses di web browser dengan mengetikkan https://IP-Address:8006/, contoh saya mengakses https://192.168.100.184:8006/ . Untuk username gunakan root dan password sesuai yang telah dibuat.

Selanjutnya pilih Datacenter -> pve -> local

Klik tab Content lalu pilih Upload

Klik Select File untuk memilih file ISO yang akan di upload

Pilih file iso yang akan di upload. Disini saya mengupload iso Minimal Server Appliance

Jika sudah pilih Upload

Tunggu hingga proses upload selesai. Lamanya tergantung pada besar file iso dan kecepatan koneksi internet ke server.

Jika sudah cek pada tab Content lagi, tara.. Selamat proses upload file ISO berhasil.


Download ISO via SSH

Apabila anda memiliki koneksi upload yang lebih lama dibandingkan dengan download, salah satu alternatif yang bisa digunakan yaitu dengan mendownload ISO tersebut ke proxmox. Caranya cukup mudah.

Pertama anda melakukan remote ke server via SSH. Jika sudah masuk ke direktori /var/lib/vz/template/iso yaitu tempat iso diletakkan pada proxmox. Lalu lakukan download dengan perintah wget -c. Disini saya mendownload file ISO dari server lokal yang ada agar prosesnya lebih cepat hehehe.

cd /var/lib/vz/template/iso
wget -c http://link_iso_anda.iso

Disini saya mendownload iso Minimal Server Appliance versi preload

Cek kembali pada web di bagian tab Content. Jika ada maka proses download berhasil



Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×