Membuat Akun Alias pada Zimbra

Assalamualaikum wr wb

Halo penggemar setia Fajar Blog.. Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya hahahaha. Jumpa lagi di Fajar Blog nih, kali ini saya akan melanjutkan postingan sebelumnya tentang Zimbra. Sebelumnya saya sudah menulis Membuat Akun pada Zimbra 8.0.6, kali ini saya akan memposting cara membuat akun alias pada Zimbra. Alias? Apaan tuh? Itu tuh yang diatas mata. Udah deh simak aja postingan berikut.



Penjelasan Umum

Apa itu akun alias? Akun alias atau Email Alias adalah alamat alternatif yang mengarah ke akun email pengguna yang ada. Email yang dikirim ke akun alias akan diterima pada akun asli pengguna. Sebagai contoh saya memiliki akun admin@fajar.com, tetapi akun ini tidak ingin diketahui banyak orang. Sedangkan saya mempunyai website yang di dalamnya harus menuliskan akun email untuk info. Saya tidak ingin mempunyai banyak akun email, maka dari itu saya membuat alias untuk admin@fajar.com ke info@fajar.com. Setiap email yang dikirimkan ke info@fajar.com akan otomatis masuk ke admin@fajar.com.

Langkah

Buka web browser lalu pergi ke Zimbra Admin Console dengan mengetikkan https://IP-Address:7071/  contohnya saya menggunakan IP Address 192.168.100.183 maka saya mengetikkan pada browser yaitu https://192.168.100.183:7071
Login dengan akun admin@domain, sebagai contoh disini saya login dengan akun  admin@fajar.com

Klik pada Manage -> Aliases

Klik tombol yang saya beri nomor 1, kemudian pilih New untuk membuat akun alias baru.

Buat nama untuk akun alias. Disini saya membuat akun alias baru bernama info@fajar.com dengan target admin@fajar.com. Jika sudah klik OK

Terlihat pada gambar, akun alias telah berhasil dibuat.

Sekarang saya mencoba mengirim email dari akun saya yaitu mukharom@fajar.com ke info@fajar.com.

Kemudian saya cek pada akun admin@fajar.com. Dan tara!!! Email yang dikirimkan akun mukharom@fajar.com ke info@fajar.com berhasil masuk ke admin@fajar.com. Yang artinya pembuatan akun alias berhasil.


Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb


1 komentar:

Kalau mau kirim email dengan alias bagaimana caranya, sebab begitu buat pesan baru email yg tertera di pengirim email aslinya


EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×