Mengenal LTSP (Linux Terminal Server Project)

Assalamualaikum wr wb

Jumpa lagi di Fajar Blog. Kali ini saya akan memposting sesuatu yang baru. Apa hayo.. Yap LTSP yaitu Linux Terminal Server Project. Penasaran apa itu LTSP? Mari simak postingan berikut.



Apa itu LTSP?

LTSP (Linux Terminal Server Project) adalah Sebuah project Linux untuk membuat server Diskless kepada client agar mudah menggunakan berbagai aplikasi yang berjalan di atas nya , server project ini sangat berguna sekali untuk client nya yang tidak membutuhkan hardisk atau pun tidak punya hardisk sama sekali , hanya cukup LAN Boot untuk mengakses OS yang ada pada server nya. Jadi tak perlu repot repot install semua komputer dalam satu jaringan tersebut, 

LTSP (Linux Terminal Server Project) Server adalah terminal server free alias gratis dan terbuka untuk Linux yang memungkinkan banyak orang untuk secara bersamaan menggunakan komputer yang sama. Aplikasi berjalan pada server dengan terminal yang dikenal sebagai thin stasion (juga dikenal sebagai terminal X) menangani input dan output. Umumnya, terminal yang bertenaga rendah, tidak memiliki hard disk, lebih tenang dan dapat diandalkan daripada komputer desktop karena mereka tidak memiliki bagian yang bergerak. LTSP ini dibagi menjadi 2 yaitu :

  • LTSP Server Standalone
  • LTSP Server


LTSP Server Standalone
LTSP Server Standalone adalah konsep dari LTSP untuk membuat dan membangun sebuah Xterminal yang berdiri sendiri atau sering disebut standalone yang berjalan menggunakan PXE boot untuk menyambungkan si Client dengan server nya dalam satu jaringan, paket paket yang dibutuhkan oleh server sudah tersedia dalam paket add-on ini berbeda dibandingkan LTSP Server saja. LTSP Server Standalone banyak dipakai oleh sysadmin yang mencoba untuk berbisnis pada lingkungan nya. Dan hanya ditambahkan beberapa aplikasi tambahan untuk melengkapinya.

LTSP Server
LTSP Server adalah konsep dari LTSP untuk membuat dan membangun sebuah Xterminal yang berjalan menggunakan PXE boot untuk menyambungkan si Clientdengan server nya dalam satu jaringan akan tetapi paket yang dibutuhkan oleh LTSP server ini belum terpasang dan harus mencari cari informasi yang berhubungan dengan paket paket kompatibel dengan LTSP server ini. Biasa nya LTSP server ini paket terpisah dari linux itu sendiri.


Keunggulan

  • Bebas biaya lisensi : karena berlisensi GPL (open source). Bandingkan misalnya dengan solusi Windows Terminal Server, atau Citrix, yang bisa dengan mudah menembus angka ribuan atau puluhan ribu dolar.
  • Fleksibel, mudah di upgrade : saya telah mengalami sendiri bagaimana mudahnya upgrade ke versi terbarunya; cukup install versi terbaru (yang akan terpasang di direktori yang berbeda dari versi sebelumnya), copy file-file konfigurasi yang lama — dan voila, selesai.
  • Netral : apapun distro Linux yang anda gunakan, hampir bisa dipastikan bahwa LTSP bisa dipasang disitu.


Kelemahan
Tentu saja, tidak ada teknologi yang tidak mempunyai kelemahan. Sejauh ini ada beberapa, seperti penggunaan bandwidth yang agak lebih boros daripada Citrix (diperkirakan max. 50 client di satu segmen network 100 mbps), dan single point of failure di server.
Tapi ini semua bisa diatasi dengan perencanaan yang baik, rutinitas backup data yang dilakukan secara disiplin, dan strategi disaster recovery yang tepat (dimana proses recovery dapat dilakukan dalam hitungan menit saja).


Bentuk topologi nya kurang lebih seperti ini


Jadi Server itu bisa mengendalikan client dengan menggunakan kabel jaringan yang terkoneksi dengan client lewat perantara LAN Switch dan menggunakan boot PXE ke client nya untuk login ke OS yang telah di sediakan server .

Server juga dapat mengendalikan nya mulai dari mengirim pesan, memberikan akses waktu , internet, media media, dan lain-lain
Dapat juga memanfaatkan koneksi DHCP kepada setiap client nya, menyimpan data atau melakukan synkronisasi data.


Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb



EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×