Installasi Proxmox VE 3.4

Assalamualaikum wr wb

Ketemu lagi di Fajar Blog. Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik saja seperti saya ini Aminn...
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang virtualisasi. Setelah sebelumnya saya sudah membahas Mengenal Teknologi Virtualisasi : Proxmox VE (Virtual Environtment). Kali ini saya akan membahas tentang instalasi Proxmox VE. Penasaran? Mari simak Postingan berikut.



Bahan :

-Niat
-Server untuk instalasi (boleh juga virtual, saya melakukan instalasi ini diatas vsphere)

Langkah :

Jika dirasa sudah siap, lakukan instalasi proxmox dengan memasukkan CD Proxmox / iso yang sudah di download ke server. Maka akan tampil seperti pada gambar. Pilih Install Proxmox VE

Selanjutnya muncul tampilan EULA, jika ingin melanjutkan penginstalan pilih I Agree

Muncul tampilan berikut, jika anda sudah benar-benar yakin klik Next

Karena saya tinggal di Indonesia, maka pada Country saya isikan Indonesia. Klik Next

Isikan password dan email kemudian klik Next

Langkah selanjutnya adalah pengisian hostname, IP Address, Netmask, Gateway, dan DNS Server. Jika semua sudah klik Next

Instalasi pun berjalan. Tunggu hingga selesai

Selamat! Instalasi telah sukses. Langkah selanjutnya adalah klik Reboot dan keluarkan CD installer dari server.

Maka akan muncul tampilan seperti ini pada server. Untuk mengaksesnya kita dapat menggunakan web browser.

Akses di web browser dengan mengetikkan https://IP-Address:8006/, contoh saya mengakses https://192.168.100.184:8006/ . Untuk username gunakan root dan password sesuai yang telah dibuat tadi.

Disinilah kita dapat membuat virtual machine.

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb



EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×