Membuat Partisi Harddisk Auto Mount pada ElementaryOS (ubuntu 14.04)

 Assalamualaikum wr wb

Jumpa lagi bersama saya Fajar Mukharom sang penulis amatir. Kali ini saya akan berbagi sedikit tips n trik mengenai partisi harddisk yang tidak auto mount saat startup. Buat saya ini menjadi hal yang merisihkan, karena saya harus melakukan mount terlebih dahulu untuk memproses data saya yang ada pada partisi NTFS. Oiya disini saya menggunakan ElementaryOS yang berbasis ubuntu 14.04 dan dualboot dengan Windows7. Oke mari simak postingan berikut.

Langkah

Masuk sebagai superuser, ketikkan sudo su dan password

Untuk melihat partisi yang ada dengan UUID nya ketikkan perintah blkid
UUID dapat dicocokkan dengan partisi yang ingin dibuat auto mount saat startup. Partisi yang saya ingin buat automount adalah /dev/sda3

Kita juga dapat melihat partisi harddisk yang ada dengan perintah fdisk -l


Buat direktori untuk tujuan mount partisi harddisk nanti. Ketikkan perintah mkdir /media/Data
Nama direktori bebas, tidak harus sama seperti pada tutorial ini.

Karena kita ingin mengedit file fstab pada direktori /etc, maka ada baiknya kita membackup file tersebut terlebih dahulu. Copy-kan file tersebut dengan perintah cp /etc/fstab /etc/fstab.bekap

Edit file fstab menggunakan editor nano, ketikkan perintah nano /etc/fstab
Tambahkan /dev/sda3 /media/Data ntfs default 0 0
Jika sudah jangan lupa save dengan menekan Ctrl+X lalu tekan Y dan Enter

Informasi :

  • /dev/sda3          : partisi harddisk yang dipilih agar auto mount
  • /media/data      : tujuan mount partisi harddisk
  • ntfs                    : format file pada partisi harddisk
  • default              : pilihan untuk mount
  • 0                        : dump
  • 0                        : pass


Untuk melakukan mount pada partisi tersebut, ketikkan perintah mount -a

Lihat pada file explorer, maka partisi tersebut sudah ter mount.

Untuk memastikan apakah partisi harddisk tersebut auto mount saat startup atau tidak, coba Restart linux anda.

Cek lagi menggunakan file explorer. Sudah saya test di ElementaryOS Freeya berjalan dengan baik.


Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb




Sumber referensi : http://sourcedigit.com/8194-customize-ubuntu-14-04-mount-hard-disk-partitionsdrives-automatically-system-startup/


EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×