Hari Keempat (Lembur Ceritanya)

Assalamualaikum wr wb

Hari keempat Prakerin telah tiba. Tiada bosan-bosannya saya menulis lagi pengalaman prakerin saya. Selama mata ini masih kuat memandangi monitor, dan selama mata ini masih kuat untuk mengetik saya akan terus mengetik. Kayaknya terlalu lebay deh ya ahaha oke langsung saja yang kepo soal pengalaman PKL saya di PT Excellent Infotama Kreasindo mari simak cerita berikut. Hari ini seru loh cekidott..



Sabtu, 4 April 2015

Hari Keempat Lembur Ceritanya.

Hari pertama telah terlewati, hari kedua juga telah terlewati, dan hari ketiga pun juga telah dilewati. Nah sekarang udah hari Keempat aja nih. Hmm..

Sabtu. Kok Sabtu masuk PKL sihh?? Bukannya libur ya?? Pasti anda bertanya-tanya, ga juga sih ya ahaha. Sabtu ini kebetulan ada Training Zimbra Mail server di PT Excellent Infotama Kreasindo tepatnya training akan dilakukan 2 hari yakni pada hari Sabtu-Minggu. Wah gaada liburnya dong? Bagi siswa PKL masuknya bergantian antara Sabtu dan Minggu. Nah kebetulan saya kebagian yang hari Sabtu nih. 

Siap-siap

Sekitar jam 07.30 kami (Saya dan Agus) telah sampai di markas. Seperti biasanya kami langsung menepati tempat masing-masing. 
Hari itu kami bertemu dengan mas Maryadi (biasa dipanggil Ackoy) yang merupakan staff Excellent. Kebetulan hari ini ada Training, maka saya dan Agus mengambil snack di markas DJ. Wih keren banget tuh namanya markas DJ. Gausah lebay, sebenernya ini cuma singkatan dari Duren Jaya(DJ) jadi bukan tempat ajep-ajep ahahah.

Diajak jalan-jalan


Nah kali ini ada kunjungan lagi ke klien excellent. Kali ini saya yang mendapatkan tugas kunjungan. Saya diajak Pa Bos Masim "Vavai" Sugianto untuk menemaninya. Kami berdua berangkat sekitar jam 09.15 dari markas menggunakan motor ke Stasiun Bekasi. Kemudian kami menitipkan motor tersebut dan melanjutkan perjalanan menggunakan Commuter line agar lebih cepat.

Sebenernya ini bukan jalan-jalan sih, biarin judulnya jalan-jalan biar keliatan happy haha.

Kami menaiki Commuter Line dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Sudirman. Karena kebetulan sedang long weekend, kereta lumayan ramai oleh para penumpang. Meskipun ramai, untungnya kami kedapatan tempat duduk, ya jadi ga pegel-pegel banget sih hehe. Tiba di Stasiun Manggarai kami transit ke Kereta yang menuju Stasiun Sudirman. Tidak lama dari Stasiun Manggarai, akhirnya kami tiba di Stasiun Sudirman.

Selanjutnya kami menaiki taksi untuk ke lokasi. Gedung Tifa, itulah lokasi yang akan kami kunjungi tepatnya di bagian Data Center. Ini merupakan pengalaman pertama saya pergi ke Data Center hahaha norak deh.


Tiba di Lokasi


Setelah beberapa lama menaiki taksi, akhirnya kami sampai juga di lokasi. Gedungnya tidak terlalu mewah, tapi suasananya masih adem. Karena di sekelilingnya masih ada pepohonan yang rindang. Kami lalu masuk di bagian Data Center gedung tersebut dan melakukan perbincangan serta permasalahan yang terjadi. Setelah itu salah satu staff dari perusahaan tersebut mengambil server untuk melakukan backup dari Data Center tersebut.

Ngangkat Server

Setelah beberapa menit menunggu, akhirnya staff tersebut tiba lagi di lokasi. Dia membawa sebuah server. Waww server.. Disinilah pertama kali saya memegang dan mengangkat server. Keliatannya saya norak ya haha gapapa namanya juga baru pertama kali.

Server yang saya kira tidak terlalu berat ternyata beratnya lumayan. Saya bergotongan dengan Pa Bos mengangkat server tersebut ke ruang Data Center. Disitulah saya mengamati server (norak). Karena server tersebut belum terinstall OS, maka Pa Bos melakukan instalasi OS.



Instalasi ini berjalan cukup rumit. Lah kok? Karena DVD ROM yang tertinggal di markas dan CD-R juga tertinggal maka kami pun kesulitan (maap Pa Bos heheh). Untungnya masih ada flashdisk. Namun instalasi menggunakan flashdisk kali ini sedikit kesulitan. "Server nya bandel" itu yang terjadi. Beberapa kali flashdisk tidak terbaca dan sebagainya.



Istirahat Makan dulu...

Selagi Pa Bos mengatasi permasalahan yang ada, saya beristirahat terlebih dahulu. Saya sholat dzuhur di musholla gedung tersebut. Musholla tersebut terletak di basement gedung, wah keliatannya agak horor nih ahaha. Ya memang tempatnya sepi, banyak barang-barang. Kamar mandinya terlihat agak kumuh, sepi, dan terlihat tua. Saya rada was-was dengan kondisi tersebut. Hahaha cemen ya, ga juga sih sebenernya mah.

Selesai sholat saya kembali ke Gedung dan dipersilahkan makan oleh Pa Bos. Karena saya membawa bekal makanan dari rumah (biar higenis dan hemat juga ahaha) yaudah saya menacari tempat untuk makan siang di sekitar gedung itu. Saya keliling gedung, melihat-lihat kondisi sekitar gedung.

Kebetulan kondisi langit sedang bersahabat, langit agak mendung dan hawanya sedang adem. Saya melihat "saung" di dekat gedung tersebut. "Wah kelihatannya enak tuh buat tempat makan". Akhirnya saya memutuskan untuk makan disitu. Saya makan sendiri dan tiada yang menemani, sedih ya tapi santai aja kwowkwkwk.

Setelah makan saya iseng-iseng melakukan "selfie" ahahahah narsis ya. Kali aja para pembaca blog ini pada kepo dengan muka saya. Jangan pada muntah ya muka saya emang kaya gitu dari sononya hahaha.

Udah ya jangan ngeliatin poto saya mulu hahaha. Setelah saya makan dan poto-poto akhirnya saya kembali lagi ke gedung.



Masuk ke Data Center

Setelah berjuang, akhirnya flashdisk tersebut bisa terdeteksi dan mau melakukan penginstalan. "Linux mint" itulah OS yang akhirnya digunakan server tersebut. "Huh.. Akhirnya.." itulah yang ada di benakku. Tenang akhirnya satu masalah terselesaikan. Pa Bos lalu melanjutkan penginstalan Linux Mint tersebut dan saya mengamatinya.

Masuk ke Data Center adalah pengalaman pertamaku. Nah norak lagi ini hahaha. Saya masuk menggunakan jaket yang cukup tebal. Wah lebay banget lu. Ya kondisi ruangan Data Center cukup dingin, kebetulan kondisi badan saya yang lagi kurang fit makanya saya menggunakan jaket tebal hehe.

Ruangan tersebut cukup secure, tidak sembarangan orang bisa masuk. Ya berarti kami bukan orang sembarangan ahaha. Sambil menunggu penginstalan kami pun keluar dari ruang Data Center biar ga masuk angin.


Setelah penginstalan Linux Mint selesai di server terebut, akhirnya Pa Bos melakukan backup data sesuai yang diinginkan klien. Nah disinilah saya mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga haha. Pa Bos mengajari saya melakukan remote menggunakan SSH, nah tapi masalahnya server tersebut tidak bisa konek ke internet.

Saya kemudian diajarkan mengkoneksi kan server tersebut menggunakan proxy. Dengan cara menumpang internetan lewat server lain. Nah setelah koneksi terhubung ke internet maka langsung saja data tersebut di backup. Lalu membuat user dan mengaktifkan SSH di server backup tersebut agar bisa dipantau data yang sedang di backup nantinya. Datanya cukup besar, ya jadi mungkin selesai bisa besok pagi/ siang. Lah trus kita nginep dong? Engga lah, jadi kami pulang dulu ke rumah, besok Pa Bos balik lagi dah kesini.

Pulang kembali ke Bekasi

Setelah semua selesai, kami harus menunggu pengcopy-an data sampai selesai. Pa Bos juga melakukan perbincangan dengan staff itu. Saya hanya menyimak perbincangannya dan berusaha menangkap ilmunya. Walau ada beberapa topik yang saya tidak mengerti tapi saya tetap menyimaknya hehehe.

Berhubung langit telah gelap, dan lampu mulai menyala kami pun memutuskan untuk kembali lagi ke bekasi. Kami diantar staff tersebut sampai jalan ramai lalu meneruskan perjalanan dengan menggunakan taksi. Perjalanan cukup lancar dan tidak ada hambatan.

Tiba di bekasi, kami pun turun di depan Stasiun Bekasi. Kami pulang ke rumah masing-masing dengan menggunakan motor. Disitu saya merasa senang, haha karena jatah lembur langsung cair dari Pa Bos. Setelah mendapat jatah kami pun pulang ke rumah.

Untuk Pa Bos jangan kapok ya ngajak saya hahaha, maap soal missed komunikasi nya heheh piss.


Kayaknya cukup sekian saja cerita saya, tangan udah mulai pegel nih. Jangan bosan-bosan baca cerita PKL saya yah hehe. Mohon maaf lahir dan batin apabila ada kesalahan. 

Wassalamualaikum wr wb


EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×