Hari Kedelapan PKL

Assalamualaikum wr wb

Jumpa lagi bersama saya Fajar Mukharom sang siswa SMK yang sedang PKL. Kali ini saya akan melanjutkan cerita sebelumnya pada hari ketujuh. Hari ini merupakan hari PKL kedelapan, mohon maaf bila penulisan tidak sesuai dengan tanggal hehehe yang penting masih diposting.

Kamis, 9 April 2015

Briefing

Kegiatan rutin team Excellent setiap pagi adalah briefing yang dipimpin oleh Pa Bos Masim "Vavai" Sugianto. Pada briefing kali ini membahas tentang persiapan dan evaluasi training serta job yang diterima siswa PKL.

Persiapan untuk training harus matang. Kita harus menyiapkan modul, notes, kaos, pulpen, serta CD/DVD pendukung untuk training sebelum training dimuali. Tempat untuk training pun harus disiapkan sesuai dengan jumlah peserta training. Kerapihan dan kebersihan adalah hal terpenting agar para peserta training nyaman dengan kondisinya.

Begitupun dengan konsumsi, kita harus mempersiapkannya dengan matang. Loh masa ngasih konsumsi masih mentah kasian dong peserta trainingnya hehehe. Sekali lagi kebersihan harus dijaga. Makanan yang diberikan di Excellent menyehatkan, kalo kata orang mah 4sehat 5sempurna hahaha. 

Selanjutnya membahas tentang job yang kami terima. Ya saya mendapatkan materi tentang VMWare vSphere. Kami disuruh membuat pertanyaan tentang materi yang sudah diberikan. Wah saya bingung pertanyaan apa saja yang harus ditanyakan. Sebenarnya pertanyaan ini nantinya bukan Pa Bos yang akan menjawab, melainkan kami sendiri.

Berikut daftar pertanyaan saya mengenai VMWare vSphere:
1. Apa itu VMWare vSphere?
2. Bagaimana cara instalasi VMWare vSphere?
3. Spesifikasi minimal hardware untuk penginstalan?
4. Apa kelebihan VMWare vSphere?
5. Langkah yang harus dilakukan setelah instalasi?
6. Software apa saja yang diperlukan untuk mengakses VMWare vSphere?
7. Versi VMWare yang digunakan untuk server?
8. Apakah perlu server penunjang lain untuk VMWare vSphere?
9. Bagaimana tips memilih lisensi untuk VMWare vSphere?
10. Apa saja keuntungan menggunakan VMWare vSphere?
11. Apa trouble yang sering terjadi di VMWare vSphere?

Memang sedikit dibanding rekan saya Iman dan Aan. Kenapa? Karena saya baru mengenal vSphere dan belum begitu memahaminya. Maka dari itu saya sedikit bingung untuk membuat pertanyaan ini. Maklum lah hahaha.


Belajar

Setelah saya membuat pertanyaan tersebut, saya pun berusaha mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu. Saya terus mempelajari dan memahami modul yang ada. Ya lumayan banyak, kayaknya ga cukup sehari mempelajari dan memahaminya haha.

Ngoprek

Selanjutnya yang saya lakukan di markas adalah ngoprek. Kali ini saya mencoba melakukan instalasi VMWare vSphere secara nested. Karena saya mendapat materi VMWare vSphere hahaha. Sebelumnya saya bingung apa itu nested, yang saya lakukan adalah browsing mencari tau tentang nested. Ternyata instalasi secara nested yaitu menginstal virtual diatas virtual. Wah keren ya.. Apa ga meleduk tuh? Ya kalo komputernya kuat sih ga masalah, kalo spek nya low end jangan coba-coba deh hahaha.

Instalasi berjalan dengan hambatan. Yaelah masa install doang gabisa sih. Hahaha ini karena tombol f11 di keyboard laptop yang saya gunakan tidak bisa. Karena pada saat proses instalasi membutuhkan si f11 ini. Waduhh gawat..

Akhirnya saya berpindah ke laptop rekan saya, instalasi pun dapat dilanjutkan dan berjalan dengan lancar. Pindah lagi ke laptop saya, setelah saya mencari tahu ternyata tombol fn pada keyboard laptop saya menyala.

Waduhh.. Pantas saja ditekan f11 ga bisa..


Sepertinya cukup sekian cerita PKL saya di hari kedelapan ini. Sisa dari cerita diatas saya hanya ngoprek-ngoprek saja jadi gausah diceritain lagi haha.


Wassalamualaikum wr wb













EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×