Hak Asasi Manusia (HAM)

Assalamualaikum wr wb.
Jumpa lagi di Fajar Blog's. Kali ini saya akan membahas tentang Hak Asasi Manusia (HAM).

Apa itu Hak Asasi Manusia (HAM) ?



HAM / Hak Asasi Manusia adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awal dilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Sebagai warga negara yang baik kita mesti menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia tanpa membeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya.

Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hak asasi manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasi manusia yaitu Komnas HAM. Kasus pelanggaran ham di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan / tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia ham di Indonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. Salah satu tokoh ham di Indonesia adalah Munir yang tewas dibunuh di atas pesawat udara saat menuju Belanda dari Indonesia.

Faktor yang menyebabkan pelanggaran HAM:

Faktor Internal

No
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
Penjelasan
1.
Sikap diskriminatif
Perilaku seperti ini biasanya diakukan oleh orang yang telah mengabaikan dan menolak norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat.
2.
Sikap dendam
Perilaku ini biasanya dimiliki oleh orang yang pernah disakiti sebelumnya, atau malah orang tersebut memang memiliki karakter tersebut. Sikap ini dapat menyebabkan pelanggaran HAM.
3.
Kurangnya rasa tanggung jawab
Seseorang harus mempunyai rasa tanggung jawab. Jika seseorang tidak/kurang bertanggung jawab hal ini dapat mendorong timbulnya pelanggaran HAM.
4.
Kurangnya Kesadaran HAM
Hal ini akan menyebabkan pelaku pelanggaran HAM berbuat seenaknya. Pelaku tidak mau tahu bahwa orang lain pun mempunyai hak asasi yang harus dihormati. Sikap tidak mau tahu itu berakibat muncul perilaku atau tindakan penyimpangan terhadap hak asasi manusia.
5.
Tidak Memiliki rasa empati dan kemanusiaan
Ini menyebabkan diri si pelaku tidak senang membantu orang, tidak punya sikap social, rasa kemanusiaan dan rasa peduli.




Faktor Eksternal

No
Faktor Penyebab Pelanggaran HAM
Penjelasan
1.
Pembagian kekuasaan yang tidak berimbang
Pembagian kekuasaan yang tidak berimbang mengakibatkan pelanggaran HAM. Contoh: keluarga besar suatu berkuasa dalam pemerintahan, sedangkan partai lain tidak.
2.
Adanya campur tangan dalam lembaga pengadilan
Campur tangan dalam lembaga pengadilan oleh orang lain dapat menyebabkan ketidak adilan dalam hokum yang menyebabkan pelanggaran HAM.
3.
Penyalahgunaan Teknologi
Kemajuan teknologi dapat memberikan pengaruh positif maupun pengaruh negatif . Pengaruh tersebut dapat mendorong timbulnya pelanggaran HAM.
4.
Harga kebutuhan pokok yang tinggi
Harga kebutuhan pokok yang semakin tinggi dibandingkan penghasilkan masyarakat yang tidak begitu besar dapat mendorong masyarakat untuk melakukan pelanggaran HAM.
5.
Struktur sosial dan politik yang memungkinkan terjadinya pelanggaran hukum dan HAM.
Misalnya sistem patriarki menimbulkan alasan pembenar untuk melakukan kekerasan gender dalam rumah tangga. Sistem politik yang memberikan pembenaran melakukan penangkapan dan hukuman kepada lawan politik yang dianggap melawan dan subversi pada negara.



Terima kasih telah berkunjung.
Wassalamualaikum wr wb. 


EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×