Mengenal Mail Server Zimbra Collaboration Suite (ZCS)

Assalamualaikum wr wb

Halo sobat semua, jumpa lagi dengan saya Fajar Mukharom di Fajar Blog tentunya. Pada kali ini saya akan memperkenalkan sebuah mail server bernama Zimbra. Penasaran kan? Mari simak postingan berikut.

1. Sejarah Zimbra

Zimbra Collaboration Suite (ZCS) adalah sebuah produk groupware produk Zimbra, Inc, yang terletak di San Mateo, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini dibeli oleh Yahoo! pada September 2007. Perangkat lunak ini terdiri dari komponen klien dan server. Zimbra tersedia dalam dua versi: versi sumber terbuka, dan versi yang didukung secara komersial ( "Zimbra Network") dengan komponen sumber komersil. Versi perangkat lunak ini tersedia dari Zimbra untuk diunduh dan digunakan dengan bebas, serta dari mitra resmi Zimbra.

2. Pengertian Zimbra

Zimbra adalah sofware open source untuk email server dan kolaborasi (groupware) yang menyediakan solusi email server yang powerfull, penjadwalan, kalender, group, kotak dan manejemen penyimpanan dokumen via Web. Zimbra tersedia untuk linux dan mac os. Zimbra menggunakan klien ajax web 2.0 yang dapat di jalankan pada browser, seperti Firefox, Internet explorer, Google Chrome dan lainnya. Zimbra pada dasarnya sekelas dengan microsoft exchange server. Perbedaan nya zimbra terbagi dua edisi yaitu open source edition dan network edition.

ZCS Web Client yang merupakan kolaborasi dengan fitur lengkap suite yang mendukung email dan kalender grup menggunakan antarmuka web Ajax alat yang memungkinkan tips, draggable item, dan klik kanan menu di UI. Juga dilengkapi kemampuan pencarian yang handal. Dokumen online authoring, "Zimlet" mashup dan administrasi penuh juga disertakan. Hal ini ditulis menggunakan 'Zimbra Ajax Toolkit.

ZCS kompatibel dengan klien seperti Microsoft Outlook dan Apple Mail, baik melalui kepemilikan konektor, serta open-source Novell Evolution, sehingga email, kontak, dan kalender dapat disetarakan dari ZCS ini ke server. Zimbra juga menyediakan dua arah asli sync ke banyak perangkat mobile (Nokia Eseries, BlackBerry, Windows Mobile, iPhone dengan perangkat lunak 2,0).


3. Kelebihan Zimbra 

  • Tersedia dalam dua lisensi, support komersil dan open source
  • Jauh lebih ringan dibandingkan Exchange, jauh lebih lengkap dibandingkan Mdaemon, Qmail maupun Postfix
  • Tidak memerlukan lisensi untuk server
  • Multi-client support
  • Mendukung berbagai tipe dan distro Linux
  • Feature Zimlets/SOAP/REST bisa diintegrasikan dengan aplikasi lain
  • Kemampuan searching email, termasuk searching attachment dan mailbox berukuran besar
  • Sudah terintegrasi dengan anti spam, anti virus dan webmail
  • Tampilan webmail yang ciamik dan mendukung 3 tipe tampilan (Advanced/Full AJAX, Standard/HTML, Mobile)
  • Mudah melakukan administrasi dan maintenance sistem

Bagi anda yang mungkin masih bingung mengenai perbedaan antara Zimbra Open Source Edition dan Zimbra Network Edition (yang terbagi lagi kedalam beberapa varian), berikut adalah beberapa link yang bermanfaat sebagai informasi tambahan :
  1. Zimbra Product Datasheet, berisi brosur mengenai VMWare Zimbra Collaboration Server
  2. Zimbra 7.0 What’s New, berisi penjelasan mengenai feature-feature terbaru yang disediakan pada VMWare Zimbra Collaboration Server versi terkini
  3. Zimbra Product Comparison-General Menjelaskan mengenai perbedaan masing-masing versi secara general
  4. Zimbra Product Comparison-Detail Menjelaskan mengenai perbedaan masing-masing versi secara detail untuk tiap feature yang tersedia

Berikut tabel komparasi antara Zimbra dan Exchange


PT Excellent Infotama Kreasindo merupakan salah satu partner Zimbra yang ada di Indonesia. Jika anda tertarik mengenai Zimbra bisa melakukan training / implementasi di perusahaan.

Sekian, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum wr wb



EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×