Installasi CentOS 7 Server

Assalamualaikum wr wb

Halo sobat apa kabar? Jumpa lagi di Fajar Blog. Mumpung ada kesempatan menulis kali ini saya akan membuat sedikit tutorial yang cukup mudah. Yap sesuai judul saya akan membagikan tutorial mengenai instalasi CentOS7 Server. Penasaran? Engga? Pokoknya simak aja deh postingan berikut.

Bahan :

-Niat yang kuat
-ISO CentOS 7 bisa di download di http://mirror-status.centos.org/
-Komputer server / virtualbox dll

Langkah :

Setelah iso diburning ke dalam DVD dan dimasukkan ke komputer server, tampilan pertama saat penginstalan akan seperti pada gambar. Pilih Install CentOS 7


Pilih bahasa untuk installasi CentOS 7 ini. Saya pilih yang standart saja yaitu English

Langkah berikutnya adalah atur tanggal dan waktu. Klik Date & Time

Pilih Region serta City. Karena saya tinggal di Indonesia saya memilih region Asia dan city Jakarta

Berikutnya pilih Installation Destination.

Pilih harddisk untuk penginstalan CentOS 7 ini. Untuk partition bisa disesuaikan, disini saya menggunakan partisi otomatis.

Jika dianggap sudah, pilih Begin Installation

Instalasi akan berjalan, selagi itu atur password untuk root dan buat user. Pilih Root Password terlebih dahulu.

Atur password untuk root. Jangan yang terlalu sulit ya, nanti kalau lupa tidak ingat. Jika sudah klik Done

Buat user dengan mengklik User Creation

Isikan Full name dan password. Isi dengan nama sendiri ya hehehe. Jika sudah pilih Done

Tunggu hingga proses penginstalan selesai

Jika sudah selesai, pilih Reboot maka server akan melakukan restart. Jangan lupa keluarkan DVD installer dari server

Selamat! Instalasi CentOS 7 telah berhasil. Langkah selanjutnya adalah login. Setelah login anda bebas untuk ngoprek hehehe.


Sekian, semoga bermanfaat.
Tunggu tutorial saya berikutnya

Wassalamualaikum wr wb




EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×