Instalasi Xen Server 6.5

Assalamualaikum wr wb

Jumpa lagi bersama saya Fajar Mukharom tentunya di Fajar Blog. Oke pada postingan kali ini saya akan melanjutnya postingan yang sebelumnya yaitu tentang virtualisai. Yap, Xen Server. Sesuai judul diatas, pada postingan kali ini saya akan memposting instalasi Xen Server 6.5. Penasaran? Mari langsung saja simak postingan berikut.



Bahan

-Niat
-Server dengan spesifikasi yang mencukupi
-Iso Xen bisa di download disini

Langkah

Pastikan anda telah melakukan backup data yang ada di server, karena instalasi Xen Server ini akan menghapus semua  data yang ada.
Masukkan CD Installer ke dalam server, pastikan booting melalu CD/DVD Rom.
Jika sudah maka akan muncul tampilan berikut, tekan Enter.

Pertama anda akan dihadapkan pada pilihan keymap (keyboard layout), pilih (qwerty) us lalu pilih Ok

Nah, pada tahapan ini kita diingatkan untuk membackup data yang ada di server terlebih dahulu karena nantinya data akan dihapus oleh XenServer ini. Pilih Ok

Muncul EULA, pilih Accept EULA

Biasanya jika server tidak memenuhi syarat untuk melakukan instalasi XenServer akan muncul tampilan berikut.

Maka XenServer akan mendeteksi Disk Drive yang ada pada server kita. Jika ingin melakukan implementasi Virtual Desktop Infrastructure, beri centang pada Enable thin provisioning. Jika sudah pilih Ok

Pilih sumber instalasi yang ingin digunakan, karena saya menggunakan local media (instalasi dari CD) maka saya pilih Local media, jika sudah pilih Ok

Selanjutnya adalah Supplemental Packs, jika anda ingin menginstalkan pilih Yes, karena saya hanya simulasi saja dan untuk mempercepat pula maka saya pilih No

Jika kita ragu terhadap media yang digunakan, dapat memilih Verify installation source. Karena saya yakin maka saya pilih Skip verification lalu pilih Ok

Isikan password untuk root, jika sudah pilih Ok

Nah, tahap ini merupakan tahap yang cukup penting. Karena ini merupakan sebuah server, sebaiknya kita melakukan konfigurasi IP Address Static. Jika sudah pilih Ok

Selanjutnya masukkan hostname dan DNS. Jika sudah pilih Ok

Pemilihan zona waktu, pertama pilih benua sesuai dengan letak server ini berada, pilih Ok

Pilih kota sesuai dengan letak server ini berada, pilih Ok

Selanjutnya system time, agar waktu nya tidak ngawur, pilih Using NTP. Kemudia pilih Ok

Isikan server ntp. Karena saya tinggal di Indonesia, maka saya mengisikan ntp server Indonesia

Konfirmasi penginstalan. Pastikan anda sudah benar-benar yakin pada tahap ini. Jika sudah pilih Install XenServer

Instalasi sedang berjalan, tunggu hingga selesai.

Instalasi telah selesai, pilih Ok jangan lupa keluarkan CD Installer dari server,

Maka akan booting dengan tampilan berikut.

Seperti inilah tampilan dari XenServer


Sekian, semoga bermanfaat.
Tunggu postingan saya selanjutnya,

Wassalamualaikum wr wb



EmoticonEmoticon

Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×